Lestarikan Kebaya dan Kain Tradisional Jambi, Pengumuman Pemenang Cerita Wastra DEKRANASDA Digelar 12 April 2021

sekitarjambi.com – Jambi, Rabu (7/4), Lomba Cerita Wastra DEKRANASDA 2021 Provinsi Jambi telah ditutup. Bertema Aku dan Kain, para peserta berkompetisi melakukan foto daring menggunakan kebaya dan kain tradisional Jambi. Terdata lomba ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan.

Tahapan lomba dilalui para peserta, mulai dari pengunggahan foto di akun instagram masing-masing pada 24 Maret – 7 April 2021, yang kemudian dilakukan penilaian oleh Dewan Juri pada 8 – 11 April 2021. Yang menjadi fokus pada penilaian, yakni penggunaaan kebaya dan kain tradisional Jambi. Melalui foto yang diunggah, setiap peserta wajib menyertakan narasi yang menggambarkan tema, yakni Aku dan Kain.

Pj. Ketua DEKRANASDA Provinsi Jambi, Hj. Iin Kurniasih Sudirman menuturkan, Pemerintah Provinsi Jambi mengapresiasi antusias masyarakat dalam mengikuti perlombaan ini.

“Alhamdulillah, para peserta antusias mengikuti perlombaan. Ini dibuktikan dari unggahan yang ada di Instagram. Kami bangga dengan masyarakat baik komunitas, pelaku UMKM, perajin, dan lain sebagainya, yang peduli dengan kebaya dan kain tradisional Jambi.” tutur Iin Kurniasih pada saat proses penjurian berlangsung.

Lomba Cerita Wastra DEKRANASDA 2021 tingkat Provinsi Jambi ini, digelar sebagai upaya mengedukasi masyarakat, untuk menggunakan media sosial dalam hal promosi ciri khas daerah. Kegiatan ini pun dihelat, sebagai salah satu cara agar masyarakat mengetahui dan mencintai kearifan lokal.

Pada Lomba Cerita Wastra DEKRANASDA 2021 Provinsi Jambi, pemenang 1, 2, dan 3 berdasarkan penilaian juri, serta pemenang favorit berdasarkan like dan comment terbanyak pada akun media sosial peserta. Keluar sebagai pemenang, peserta mendapat hadiah berupa:

  • Pemenang 1: Tropi, uang pembinaan, dan pemotretan dengan kebaya dan kain bersama Pj Gubernur Jambi
  • Pemenang 2: Tropi, uang pembinaan, dan pemotretan dengan kebaya dan kain bersama Sekretaris Daerah Provinsi Jambi
  • Pemenang 3: Tropi, uang pembinaan, dan pemotretan dengan kebaya dan kain bersama Pj. Ketua DEKRANASDA Provinsi Jambi
  • Pemenang Favorit: Tropi, uang pembinaan, dan pemotretan dengan kebaya dan kain bersama Ketua Harian DEKRANASDA Provinsi Jambi

Adapun para pemenang Cerita Wastra DEKRANASDA 2021 Provinsi Jambi adalah:
Pemenang 1: scoutsmanda_jbi
Pemenang 2: dindanursalsabilla
Pemenang 3: slbsrisoedewi
Pemenang Harapan 1: eri_keyysha
Pemenang Harapan 2: robi_adwyh
Pemenang Harapan 3: deby.ulya
Pemenang Favorit: idamuslika

Proses pemotretan pemenang Cerita Wastra DEKRANASDA 2021 Provinsi Jambi oleh para pemenang, dilaksanakan pada 13 – 19 April 2021. Selanjutnya, pada 20 April 2021, hasil foto dikirimkan ke Kementerian Koperasi dan UKM, serta pengumuman juara tiap provinsi di tingkat nasional berlangsung pada 21 April 2021 oleh DEKRANAS. (Tim)

Bagikan
error: