KLOTER BTH 23 Provinsi Jambi Diberangkatkan ke Tanah Suci

sekitarjambi.com – Teriknya panas matahari pada Selasa (4/6/2024) siang tidak menyurutkan tekad dan semangat Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (KLOTER) BTH 23 untuk mengikuti proses pengecekan X-ray koper jemaah sekaligus body checking yang dilakukan oleh Petugas AVSEC Bandara.

Usai proses pengecekan koper dan body checking jemaah, dilanjutkan dengan kegiatan seremonial pelepasan pemberangkatan jemaah dari Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Jambi ke Bandara Sultan Thaha Jambi.

Kegiatan seremonial pelepasan pemberangkatan JCH KLOTER BTH 23 diselenggarakan di Aula Asrama EHA Jambi dihadiri oleh Gubernur Jambi Al Haris, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (KAKANWIL KEMENAG) Provinsi Jambi H. Zoztafia beserta jajaran, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Arief Munandar, beberapa perwakilan Kepala OPD, dan PPIH Provinsi Jambi.

Diawali dengan penyampaian arahan terkait tata tertib dan persiapan perlengkapan ibadah haji oleh PPIH Provinsi Jambi, kegiatan seremonial pelepasan pemberangkatan JCH KLOTER BTH 23 berlangsung khidmat.

KLOTER BTH 23 ini berisikan 450 JCH, berasal dari Kabupaten Batanghari sebanyak 175 jemaah, Kabupaten Bungo sebanyak 165 jemaah, dan Kota Sungai Penuh sebanyak 101 jemaah. Selain itu KLOTER BTH 23 diisi oleh 4 orang PHD dan 5 orang Petugas KLOTER. KLOTER ini diberangkatkan dari asrama haji ke Bandara Sultan Thaha pada 4 Juni 2024 sekira pukul 15.20 WIB.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi Al Haris, berpesan kepada jemaah agar menjaga diri selama berada di Tanah Suci, karena ibadah haji merupakan ibadah fisik dan mental.

“Mudah-mudahan di Mekkah, Madinah, dan semua rukun haji bapak/ibu semuanya Allah berikan kekuatan, petunjuk, hidayah, istiqomah. Dan Insya Allah sempurna ibadah haji semuanya,” tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia, mengatakan bahwa dengan kuota penuh yakni 450 jemaah yang berada di KLOTER BTH 23, 11 jemaah diantaranya merupakan pengguna kursi roda.

“Untuk KLOTER BTH 23 ini KLOTER penuh 450 jemaah dan sampai hari ini tidak ada kendala. Dari aspek kesehatan saya sangat bersyukur semua jemaah memenuhi syarat untuk diberangkatkan,” ujarnya.

Puncak acara seremonial pelepasan pemberangkatan JCH KLOTER BTH 23 ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh PPIH Provinsi Jambi melalui Gubernur Jambi Al Haris kepada Ketua KLOTER BTH 23.

Dilanjutkan dengan mobilisasi JCH ke Bandara Sultan Thaha Jambi menggunakan Bus PO Sari Mustika. Sebelum memasuki bus, para jemaah secara berirama melantunkan kalimat Talbiyah dan niat berhaji.

Salah seorang JCH KLOTER BTH 23 asal Kota Sungai Penuh, Helda Syofyan Ahmad, memuji pelayanan yang diberikan PPIH Provinsi selama dirinya berada di Asrama EHA Jambi.

“Alhamdulillah semua pelayanan bagus, tempatnya nyaman, dan petugas hajinya baik-baik, petugasnya sangat membantu. Alhamdulillah sudah maksimal tidak ada kendala,” pujinya.

JCH KLOTER BTH 23 diterbangkan ke Bandara Hang Nadim Batam menggunakan 3 unit maskapai Lion Air. Seluruh JCH dimobilisasi menuju Bandara Sultan Thaha Jambi menggunakan 11 unit bus dan 4 unit ambulance. (Iz)

Bagikan