Heboh Perang dengan Rusia, Begini Kondisi WNI di Ukraina

sekitarjambi.com – Rusia mulai menggencarkan aksi perangnya kepada Ukraina pada Kamis (24/2/2022). Ancaman invasi Rusia ke Ukraina terus membuat panas kondisi geopolitik dunia, termasuk Indonesia. Pasalnya jika benar Moskow ikut campur melakukan serangan dalam waktu dekat ke Kyiv ibu kota Rusia, Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada disana akan terancam.

Pejabat Fungsi Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kyiv, Erna Herlina, mengabarkan bahwa per Selasa (22/2/2022) jumlah WNI di Ukraina yang sebagian besar berdomisili di Kyiv berjumlah sebanyak 138 orang. Sementara itu untuk yang berdomisili di perbatasan, terdapat seorang WNI yang tinggal di Donetsk, dua orang di Luhansk, dan lima orang di Kharkiv.

Selanjutnya, Kementerian Luar Negeri memastikan sebanyak 138 warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina saat ini dalam kondisi aman.

“Dalam komunikasi WNI kita disana, mereka dalam kondisi aman. Tetap tenang dan tetap waspada dan terus berkomunikasi dengan pihak KBRI. Kami mengimbau para WNI yang merasa kesulitan, untuk segera menghubungi pihak KBRI,” ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) KEMENLU, Judha Nugraha dalam pengarahan pers di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Saat ini para WNI yang ada di Ukraina berkumpul di KBRI Kyiv. WNI yang tidak memungkinkan untuk berkumpul diminta untuk bertahan di tempat mereka sembari menunggu pihak KBRI mencari jalur yang aman untuk evakuasi warga yang belum berkumpul .

Unggahan terakhir pada akun Instagram @voaindonesia, memberikan informasi situasi WNI di Ukraina. Dimana mereka dalam keadaan genting tengah berkumpul hingga bermalam di kantor KBRI, sembari menunggu evakuasi warga yang belum berkumpul. Para WNI sempat kembali ke rumah untuk mengambil persediaan makanan. (Iz)

Bagikan
error: