Jangan Panik! Berikut Tindakan Efektif Menghadapi Gempa Bumi

sekitarjambi.com – Secara geografis, Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi. Baru-baru ini gempa mengguncang dua wilayah di Pulai Sumatera, yang pertama gempa dengan kekuatan 6,4 SR di wilayah Pasaman Barat, SUMBAR pada Jumat (25/2/2022). Kemudian hari berikutnya disusul gempa dengan kekuatan 5,1 SR di wilayah Enggano, Bengkulu pada Sabtu (26/2/2022).

Layaknya bencana alam lain, terjadinya guncangan yang diakibatkan dari gempa bumi tidak dapat selalu diprediksi. Terdapat beberapa kasus gempa bumi yang terjadi di Indonesia tidak dapat dideteksi oleh alat sensor yang dimiliki oleh BMKG.

Maka dari itu, perlu dilakukan tindakan secara spontan yang efektif diperlukan untuk menghadapi gempa bumi. Sebuah tindakan efektif di tengah kepanikan akan membantu untuk meminimalisir adanya risiko yang ditimbulkan.

Berikut tindakan efektif menghadapi gempa bumi yang dikutip sekitarjambi.com dari beberapa sumber :

  1. Berlindung di Bawah Meja atau Lindungi Kepala dengan Alat

Berlindunglah di bawah meja jika berada di dalam bangunan. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Jika dalam bangunan tidak terdapat meja, maka segera mencari alat untuk melindungi kepala.

  1. Keluar Gedung dan Jauhi Bangunan

Saat keluar bangunan, kamu harus bisa menolong ibu hamil, orang tua, dan anak-anak. Usai keluar dari bangunan, kamu harus menjauhi bangunan tersebut dan mencari lokasi lapang agar tidak tertimpa bangunan yang mungkin saja runtuh.

  1. Bersiap untuk Gempa Susulan

Biasanya setelah gempa pertama, akan terjadi beberapa kali gempa susulan. Jadi harus bersiap untuk hal ini. Jika kamu dekat pantai, maka siap-siap mencari lokasi dataran tinggi untuk kemungkinan terjadinya tsunami.

  1. Menyalakan Radio atau Sumber Informasi Lain

Jika jaringan seluler menghilang akibat guncangan gempa bumi, maka menyalakan radio bisa menjadi solusi . Hal ini perlu dilakukan supaya mengetahui apakah gempa yang terjadi berpotensi tsunami.

  1. Tetap Tertib dan Tidak Melebih-lebihkan Keadaan

Untuk kamu yang berada di daerah bencana, dianjurkan untuk tetap tertib. Jangan bertindak semena-mena karena hal ini hanya akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Cara yang paling efektif adalah jangan membuat kericuhan dan tingkatkan solidaritas serta gotong royong. (Iz)

Bagikan
error: