Gerakan Literasi Digital 2021 Hadirkan Ulasan Keamanan Berinternet: Tips dan Pentingnya Internet Sehat

sekitarjambi.com – Program Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar webinar bertajuk “Keamanan Berinternet: Tips dan Pentingnya Internet Sehat”. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 17 September 2021, pukul 14.00 – 17.00 WIB.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini, bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) KOMINFO RI, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital.

“Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik,” ujarnya melalui diskusi virtual.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian KOMINFO RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktivitas di ranah digital.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari berbagai daerah ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dr. (C) Rr Vemmi Kesuma Dewi, M.Pd. selaku Akademisi Bidang Pendididikan dan Praktisi Pendidikan Ramah Anak, Ida Ayu Prasastiasih Dewi, S.I.Kom., M.P.P. selaku Communication Specialist, Alisyah Pitri, M.Pd. selaku Dosen STIES Al-Mujaddin, dan Errissya Rasywir, S.Kom., M.T. selaku Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA). Bertindak sebagai Key Opinion Leader yakni @meganovelia yang merupakan Mompreneur, owner kelas main @rumahmandar @mimema_kids @kanayo_lauk.

Salah seorang narasumber, Alisyah Pitri mengatakan, kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat. Terlebih saat ini bertepatan dengan masa pandemi, dimana seluruh akses umumnya melalui internet, baik itu gadget atau komputer. Pemahaman dalam dunia literasi digital sangat dibutuhkan, dengan gambaran sebelumnya banyak orang yang cuek dengan dunia teknologi hingga tidak terlalu mengindahkan positif dan negatifnya penggunaan internet.
“Sekarang dengan adanya ilmu ini, mereka jadi tahu bagaimana cara memanfaatkan teknologi itu dengan baik dan benar serta keuntungannya. Contohnya materi yang saya pilih mengenai peran orang tua dalam penggunaan internet sehat dan aman untuk anak, itu sangat bermanfaat untuk pengetahuan baru bagi orang tua. Dilihat dari antusiasmenya peserta dalam menyampaikan berbagai pertanyaan yang selama ini mereka alami dalam kehidupan sehari-hari, dan akhirnya dengan diadakan wehinar ini bisa mendapatkan solusinya,” ujar Alisyah.

Narasumber lainnya, Errissya Rasywir mengatakan, Webinar Literasi Digital yang dilakukan sangat berdampak besar untuk meningkatkan wawasan masyarakat, tentang bagaimana penggunaan teknologi informasi yang sehat pada masyarakat. DIketahui, literasi digital pada masyarakat perlu ditingkatkan, dimana sangat banyak penyalahgunaan akses internet yang terjadi.

“Jika hal ini tidak kita jadikan suatu concern tanpa tindakan nyata. Maka, suatu hari akan menjadi permasalahan yang menumpuk dan meletus di Negara Indonesia,” ujar Errissya Rasywir.

Webinar Literasi Digital 2021 yang diikuti puluhan peserta ini digelar secara gratis. Para peserta mendapat e-Sertifikat dari Kementerian KOMINFO, dan ada hadiah voucher menarik untuk 10 peserta yang beruntung. (Tim)

Bagikan
error: