Dokter Jelaskan Bagaimana Virus Corona Bisa Sebabkan Kematian

Sekitarjambi.com – Jakarta, Sehari berselang, tepatnya pada 29 Januari 2020, tercatat sudah ada lebih dari 7.000 kasus novel coronavirus terkonfirmasi di China. Korban jiwa pun bertambah menjadi 170 orang.

Melihat perbandingan jumlah total kasus orang yang terjangkit dengan orang yang dilaporkan meninggal dunia akibat novel coronavirus, Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, SpP(K) dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK-UI RS Persahabatan, mengungkapkan, case fatality rate dari wabah ini masih tergolong rendah.

Dari kasus ini, Erlina menjelaskan bagaimana novel coronavirus bisa merenggut nyawa korban yang terinfeksi. Menurut dia, sistem imun memainkan peran penting dalam hal sejauh mana pasien yang terpapar mampu bertahan hidup.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang paling rentan terkena novel coronavirus novel adalah mereka yang telah lanjut usia dan menderita penyakit dasar atau memiliki riwayat penyakit parah. Hipotesis yang serupa dengan penjelasan Erlina tadi.

Kasus kematian juga didominasi oleh para orang tua dan orang-orang yang memiliki penyakit kronis. Anak-anak dan bayi juga disebut sebagai populasi paling rentan terkena virus corona.
Ketika gejala ini muncul, virus corona bisa dideteksi melalui saluran pernapasan atau sampel darah. Pasien yang suspect coronavirus harus dipindahkan ke rumah sakit rujukan dan dirawat di ruang ICU dan diisolasi.

WHO sendiri akhirnya mengumumkan keadaan darurat global untuk wabah virus corona yang terjadi di China dan beberapa negara lain. Keputusan ini ditetapkan oleh Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, per Kamis (30/1). (Kumparan.com)

Bagikan

26 thoughts on “Dokter Jelaskan Bagaimana Virus Corona Bisa Sebabkan Kematian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: