Diundang ke Jakarta, Jurnalis Jambi Ikut Presentase Program Menjadi Tim Media Center Haji PPIH 2020

sekitarjambi.com – Jakarta, Kementerian Agama (Kemenag) RI kembali melaksanakan seleksi tim Media Center Haji (MCH) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2020. Kali ini tahapan seleksi telah memasuki presentase program yang dilaksanakan di Kementerian Agama RI di Jakarta pada hari ini Kamis (27/02/2020).

Terdapat 106 orang jurnalis atau wartawan, 6 orang dari Humas Kemenag Provinsi dan 4 orang dari Ormas yang mengikuti tahapan presentase program seleksi tim MCH PPIH 2020. Menariknya dari 106 jurnalis media, baik cetak, televisi, radio, dan online, terdapat seorang jurnalis Asal Provinsi Jambi bernama Melani Kadar yang berhasil dipanggil Kementerian Agama RI untuk menyampaikan presentase program di hadapan tim penguji di Kantor Kemenag RI Jakarta.

Usai pemaparan program yang disampaikan Melani di Kantor Kementerian Agama RI, para penguji menuturkan apresiasi, karena Melani hadir dari media yang berdomisili di Provinsi Jambi dan ini satu-satunya sejarah yang pernah tercatat bahwa JEKTV menjadi media televisi satu-satunya yang lulus administrasi MCH 2020 di tengah puluhan media nasional lainnya. “Kami kaget dan bangga karena Mbak Melani satu-satunya media yang telah sampai pada tahap pemaparan. Uniknya, Mbak Melani selaku Pemred tapi mengerti detail dengan tugas sebagai reporter,” ungkap salah seorang penguji pemaparan program.

Sementara itu dalam pemaparan program yang disampaikan pada Kamis 27 Februari, Melani mengatakan akan memberikan warna baru pada pemberitaan penyelenggaraan haji tahun 2020 jika nanti terpilih menjadi salah seorang petugas Media Center Haji Tahun 2020. Melani Kadar yang menjabat sebagai Pemimpin Redaksi JEKTV mengaku tidak menyangka berkesempatan menjadi satu dari ratusan jurnalis se-Indonesia dapat mengikuti seleksi tim MCH. “Redaksi JEKTV memiliki personel yang multi talenta. Salah satunya saya, yang bukan hanya bekerja di balik layar sebagai Pemimpin Redaksi. Doa terbaik untuk perjalanan terbaik yang kiranya bakal ditempuh. Terima kasih untuk orang tua dan tim Redaksi JEKTV yang selalu mendukung langkah positif,” tutur Melani.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Muhamad menuturkan bangga, karena Melani merupakan satu-satunya yang mewakili Kanwil Kemenag Provinsi Jambi dan media dari Jambi, untuk turut serta dalam pemilihan Media Center Haji Tahun 2020. “Didoakan yang terbaik, bahwa media dari Jambi dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan informasi haji. Tidak hanya bicara Jambi, tapi berperan secara nasional,” tuturnya. Muhamad menegaskan dalam diskusi sehari sebelum keberangkatan Melani pada uji pemaparan presentase program kerja, apapun hasilnya lakukan yang terbaik. “Beritakan penyelenggaraan haji untuk Jambi dan Indonesia. Intinya adalah yakin,” pungkasnya.

Sebelumnya Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) membuka rekrutmen Petugas Panitia Penyelengara Ibadah Haji 2020 dari unsur Media Center Haji (MCH), yang terdiri dari Jurnalis, Humas Kemenag, dan Fotografer. Seleksi dibuka pada 4 hingga 18 Februari 2020. Tahapan setelah presentase proposal program, peserta akan disaring menjadi 50 besar hingga kemudian diuji lagi untuk lolos 18 besar. Warga Jambi tentu berharap satu-satunya wakil Jambi ini akan lolos menjadi seleksi tim Media Center Haji PPIH 2020. (Marlan)

Bagikan

One thought on “Diundang ke Jakarta, Jurnalis Jambi Ikut Presentase Program Menjadi Tim Media Center Haji PPIH 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: