Dikabarkan Naik Per 1 September 2022, Harga BBM Terpantau Stabil

sekitarjambi.com – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi khususnya Pertalite dan Solar dikabarkan naik mulai 1 September 2022. Namun terpantau PT Pertamina (Persero) melalui websitenya https://mypertamina.id/ tidak mengubah harga beberapa produk BBM, lebih khususnya jenis Pertalite dan Solar.

Sebelumnya, harga BBM Pertalite berada di angka Rp 7.650,- per liter dan diperkirakan naik mencapai angka Rp 10.000,- per liter. Sedangkan untuk harga BBM Solar berada di angka Rp 5.150,- per liter dan dikabarkan naik hingga Rp 8.500,-.

“PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum,” tulis keterangan PT Pertamina dikutip Kamis (1/9/2022).

Sementara itu, Presiden Joko Widodo membeberkan alasan belum juga mengumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Menurutnya, pemerintah masih belum memfinalisasi perhitungan yang cermat soal besar kenaikan dan juga dampaknya kepada masyarakat.

“Soal kenaikan harga BBM kami kalkulasi, kami hitung semuanya dengan hati-hati,” ujar JOKOWI usai peresmian 5G Mining Kolaborasi PT Freeport Indonesia dan PT Telkomsel di Tembagapura.

Terpantau di sejumlah SPBU di dalam Kota Jambi diantaranya yakni Paal V dan Paal VII pada Rabu, 31 Agustus 2022 malam, ratusan kendaraan baik sepeda motor, mobil, hingga kendaraan angkutan memadati kawasan SPBU. Tak khayal tumpukan kendaraan tersebut membuat kemacetan yang cukup mengganggu arus lalu lintas. Disinyalir kepadatan warga di SPBU akibat kekhawatiran adanya kenaikan harga BBM per 1 September 2022. (Iz/Mk)

Bagikan
error: