Dana Haji Aman, CJH Jambi Mulai Berangkat ke Tanah Suci Pada 24 Juni 2022

sekitarjambi.com – Kota Jambi, “Sampai dengan hari ini 27 Mei 2022, Jambi siap memberangkatkan 1.321 jemaah calon haji. Keberangkatan dimulai tanggal 24 Juni mengikuti gelombang dua, dengan diikuti 69.000 jemaah calon haji yang sudah mendaftar dengan masa tunggu 31 tahun,” papar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia, S.Ag., M.Pd.I. saat menjadi narasumber kegiatan Diseminasi Strategi Pengelolaan Pengawasan Keuangan Haji dan Sosialisasi BPIH 1443 Hijirah/2022 Masehi, di salah satu hotel di Kota Jambi.

H. Zoztafia juga menyampaikan, saat ini (27/5/2022) seluruh jemaah calon haji yang akan berangkat sudah melakukan proses pengurusan visa, dana manasik, dan vaksin.

“Vaksin sudah sekitar 94 persen. InsyaAllah dengan kuota yang ditentukan 100 persen, jemaah calon haji asal Jambi terpenuhi, meski memiliki jatah cadangan sebanyak 10 persen,” imbuhnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jambi, Ir. H. Haviz Husaini, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan yang sama, menyampaikan turut menyambut baik kabar positif keberangkatan ibadah haji 2022 ini. Ia juga memastikan BPKH sebagai badan yang mengelola keuangan haji selalu memiliki Prinsip Syariah, Kehati-hatian, transparan, nirlaba, dan akuntabel serta likuid.

Dr. K.H. Marsudi Syuhud, MBA, selaku Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), menegaskan bahwa dana haji dikelola dengan aman melalui sistem syariah. Ia akan terus memaksimalkan informasi dan transparansi terkait pengelolaan dan pengawasan dana haji.

“BPKH sebagai badan yang berdiri sendiri akan terus mengelola dan menambah nilai manfaat dari dana calon jemaah haji. Sampai saat ini nilai manfaat sudah di angka 10 triliun rupiah,” ungkapnya.

Selanjutnya, Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Jambi, Hasan Basri Agus, mengatakan bahwa meski aman, dengan menyosialisasikan pengelolaan keuangan haji dengan baik kepada public, menjadi hal penting untuk menjaga keberlanjutan dana haji yang dipegang otoritas oleh BPKH.

“Kami selaku wakil rakyat Jambi juga bersuara untuk dana haji, supaya terus bisa bermanfaat bagi umat dan calon jemaah haji melalui BPKH selaku pengelola dan pengawas dana haji di indonesia,” ujarnya. (Iz)

Bagikan
error: