Berdayakan Tenaga Kerja Lokal, Secara Resmi PT Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Jambi Field Kelola Lapangan Betung

sekitarjambi.com – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 1 Jambi Field menggelar acara seremonial peresmian Alih Kelola Lapangan Betung. Acara peresmian tersebut berlangsung meriah dan penuh semangat, kebersamaan serta komitmen untuk mencapai target produksi minyak bumi dan gas (migas) nasional.

Acara yang digelar pada Selasa (2/4/2024) bertempat di Gedung Serba Guna Kenali Asam Pertamina Jambi Field ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL) Anggono Mahendrawan beserta jajaran, Pjs. General Manager PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Field Tedjo Sumatri, dan Field Manager PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 1 Jambi Field Hermansyah beserta jajaran.

Hadir pula stakeholder terkait yakni Bupati Batang Hari yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Batang Hari Bidang Informasi, Kemasyarakatan, dan SDM Iskandar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari Zamzami, Camat Bajubang Dahlan Suntana, Komandan Rayon Militer (DANRAMIL) Irfan Kito, para kepala desa serta tamu undangan.

Dipandu oleh Tifani Anggina sebagai Master of Ceremony (MC), acara diawali dengan safety briefing, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyimak video AKHLAK Moment, serta pembacaan doa.

Dalam laporannya, Field Manager Pertamina Jambi Field, Hermansyah, memberikan gambaran tentang tantangan dan pencapaian yang telah dihadapi dalam persiapan pengambilalihan Lapangan Betung.

“Melalui surat No 321/PHR23000/2022-S1 (12 Sep 22) VP P&O Regional 1 melakukan penunjukan langsung Pengelolaan Sementara PT Prakarsa Betung Meruo Senami Jambi (PBMSJ) untuk Produksi di Area Betung Meruo Senami (BMS) dengan jangka Waktu 1 Tahun terhitung 14 Agustus 22 – 13 Agustus 2023,” ujarnya.

Diketahui rangkuman kegiatan yang dilakukan Pertamina saat ini sejak turunnya surat direktur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan survey lokasi untuk pendataan aset di Area Betung telah dilakukan oleh PHR Zona 1 Field Jambi dan terakhir telah dilakukan bersama dengan SKK Migas dan Stakeholder (Bupati, POLRES, DANDIM, dan Pejabat Daerah) pada 19 Maret 2024.
  2. Pembuatan Berita Acara Alih Kelola Lapangan Betung dengan mengumpulkan data namun tidak terbatas pada serah terima aset, stok minyak bersama dengan tim dari Business Partnership Regional 1.
  3. Telah dilakukan pembahasan dan pengajuan ABO untuk Lapangan Betung tahun anggaran 2025 ke PHR Regional 1.

Sementara kondisi saat ini yakni, telah dilakukan Commisioning Test Sumur Betung sejak 20 Maret 2024 dan mendapatkan produksi rata-rata harian 256/170 BOPD dengan detail sebagai berikut :

  1. BTJ-211 : Start 20 Maret 2024 : 60 BOPD
  2. BTJ-220 : Start 24 Maret 2024 : 70 BOPD
  3. BTJ-209 : Start 29 Maret 2024 : 40 BOPD
  4. BTJ-222 : On progress test (setelah servis sumur) 01 April 2024, potensi 54 BOPD
  5. Next Well BTJ-210
  6. Next Well BTJ-213
  7. Tersisa 4 sumur lain yakni BTJ-198,214,221 dan 219

“Total hasil minyak commissioning sejak tanggal 20 Maret 2024 sampai dengan saat ini telah berjumlah kumulatif 1,354 BBLS yang terbagi pada tangki di GS Bajubang dan GS Tempino. Dengan doa kita semua, Insya Allah Lapangan Betung dengan operasional 10 sumur akan menyumbang 547 BOPD,” ungkap Hermansyah.

Hermansyah juga menyebutkan bahwa tenaga kerja yang tergabung di PHR Zona 1 Field Jambi diantaranya yakni tenaga lokal dan ex dari PT. PBMSJ sebanyak 30 orang operasional, 30 orang security, serta 8 koordinator dan BKO TNI.

“Diharapkan dengan beroperasinya Lapangan Betung ini mampu menjadi bagian dari pencapaian produksi migas nasional 1 juta barel di tahun 2030 dan dengan beroperasinya Lapangan Betung ini mampu memberikan jawaban terhadap permasalahan illegal drilling di sekitar lapangan Betung Meruo Senami,” tuturnya.

General Manager PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 yang diwakili oleh Pjs. General Manager PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1, Tedjo Sumatri, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kerja sama dan kontribusi seluruh jajaran PT. Pertamina.

”Kami atas nama manajemen PT Pertamina Hulu Rokan Zona 1 ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya serta ucapan terima kasih atas kerja sama dan kontribusi seluruh jajaran PT. Pertamina serta para pemangku kepentingan daerah yang telah mendampingi dan mengelola Lapangan Betung ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Lapangan Betung juga merupakan contoh pemberdayaan potensi daerah dalam meningkatkan pendapatan, dengan berbagi porsi secara seimbang antara pemerintah pusat dan daerah.

“Berdasarkan Surat No. 003/PHR00000/2024-S0 dari Direktur 1 PEP Perihal Tindak Lanjut Pengelolaan Operasi Betung Meruo Senami, kini tonggak pengelolaan Lapangan Betung akan beralih 100 persen kepada PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Field Jambi untuk mengelola Lapangan Betung,” jelasnya.

“Kami berharap industri di Jambi dapat terus tumbuh sehingga dapat memajukan perekonomian daerah dan pada gilirannya akan memperkuat perekonomian nasional. Semoga apa yang kita lakukan hari ini tidak hanya dapat memberikan manfaat, namun juga menjadi legacy bagi pertumbuhan ekonomi bangsa dan negara Indonesia di masa depan,” harapnya.

Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan, pada kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam proses alih kelola ini dan menyampaikan harapannya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam proses alih kelola ini. Saya yakin alih kelola ini akan membawa manfaat bagi semua pihak, khususnya bagi masyarakat di sekitar Lapangan Betung,” tuturnya.

Anggono mengatakan bahwa rencananya akan ada reaktivasi 10 sumur, dimana ada 8 sumur berada di Desa Bungku dan 2 sumur berada di Kawasan Tahura Sultan Thaha Syaifuddin, yang diharapkan dengan reaktivasi tersebut akan menghasilkan tambahan produksi sekitar 500 BOPD.

“SKK Migas SUMBAGSEL akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa kegiatan Hulu Migas berjalan dengan aman, efisien, dan ramah lingkungan. Kami akan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan semua stakeholder di Kabupaten Batang Hari dan dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, saya yakin Lapangan Betung akan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi bangsa dan negara,” ujar Anggono Mahendrawan.

Camat Bajubang, Dahlan Suntana, turut menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kerja sama dan kontribusi seluruh jajaran PT. Pertamina.

“Saya atas nama pemerintah kecamatan khususnya, berharap langkah ini bisa mendongkrak situasi dan stabilitas ekonomi yang ada di Kecamatan Bajubang, sehingga masyarakat kami yang ada di Bajubang betul-betul merasakan kembali manfaat industri migas seperti dulu,” ujarnya.

“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Insya Allah, segala mulai dari saat ini hingga ke depan, kami pemerintah kecamatan mendukung PT Pertamina yang ada di wilayah Betung Senami,” lanjutnya.

Selanjutnya, atas nama Bupati Batang Hari, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang Hari, Zamzami, juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran semua pihak dan menyampaikan harapannya.

“Kami mengharapkan dari Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Batang Hari, dengan adanya ahli kelola ini mari kita berkomunikasi dengan bagus, mari kita sama-sama dengan tujuan memakmurkan masyarakat, dan tidak mengabaikan kaedah-kaedah lingkungan. Semoga meningkatkan produksinya dan illegal drilling itu bisa kita atasi secara bersama-sama,” ujarnya.

Pada saat berlangsungnya acara Alih Kelola Lapangan Betung juga disiarkan secara langsung (live streaming) dari lokasi oleh Alif Maleona dan Rizqy Syarif Purnama. Hal ini bertujuan agar memberikan akses untuk menyaksikan bersama momen bersejarah alih kelola ini.

Dalam kesempatan tersebut, para pemangku kepentingan memberikan pesan dan kesan kepada tim di Lapangan Betung.

Field Manager Pertamina Jambi Field, Hermansyah, menyampaikan pesan berisi harapan agar para pekerja di lapangan dapat bekerja dengan baik.

“Mudah-mudahan bisa kita jalani dan kita tunaikan, kami mendoakan temen-temen yang kerja di lapangan dapat bekerja dengan baik, aman, dan lancar sesuai dengan yang sudah disampaikan oleh perusahaan, mohon tata nilai, visi misi perusahan, cara pengerjaan, operasi dilakukan dengan baik dan dengan tepat,” tuturnya.

Sementara itu, Pjs. General Manager PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 1, Tedjo Sumatri, memberikan pesan kepada para pekerja agar operasi Sumur Lapangan Betung di BTJ-211 berjalan aman dengan menerapkan kaedah safety (keamanan).

“Ini adalah salah satu sumur andalan di Betung, semua dengan produksian yang cukup besar. Mudah-mudahan dapat berjalan aman, lancar, tentunya kaedah safety kita utamakan. Selain ada CSLR, kemudian juga Golden Rules yang perlu kita aplikasikan ke teman-teman semua. Tolong juga selalu tidak henti-hentinya kita reminder (ingatkan) ke teman-teman terutama yang baru bergabung untuk operasionalnya, dan memberikan kontribusi produksi yang cukup baik dalam rangka meningkatkan lifting maupun produksi migas nasional,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan, mengucapkan selamat bekerja dan mengingatkan untuk mengutamakan aspek safety dan lingkungan.

Acara ditutup dengan peresmian Alih Kelola Lapangan Betung oleh PT Pertamina Hulu Rokan Zona 1 Jambi Field melalui aktivitas pompa angguk yang menyatakan bahwa Lapangan Betung berproduksi untuk Pertamina Jambi Field, yang diikuti dengan sesi dokumentasi bersama sebagai tanda kebersamaan dan komitmen pencapaian target produksi migas di Indonesia. (AD)

Bagikan