Benarkah Umrah di Bulan Ramadan Pahalanya Serupa Ibadah Haji ?

sekitarjambi.com – Bulan Ramadan menjadi bulan penuh dengan pengampunan dosa dan keberkahan. Berbagai peluang ibadah dengan ganjaran pahala yang besar, bisa ditemukan pada momen ini. Tak heran jika banyak pula masyarakat khusunya umat muslim yang memilih untuk berlomba mendapatkan pahala. Salah satu dilakukan ialah dengan menjalani ibadah umrah.

Pada Ramadan 1443 Hijriah, perjalanan ibadah umrah ke tanah suci sendiri memang mulai dibuka untuk umum. Diketahui pula terdapat segelintir selebriti Indonesia yang menunaikan ibadah umrah baik bersama rekan maupun keluarga besarnya. Selebriti tersebut seperti Dinar Candy, Kartika Putri, Ririn Ekawati, dan Umi Pipik.

Terdapat sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Fa inna umrata fiihi takdilu khajjah. Artinya, umrah di bulan Ramadhan pahalanya seperti ibadah haji.

Terdapat dua perbedaan pendapat mengenai keistimewaan umrah di bulan Ramadan. Satu pendapat menyebutkan pahala serupa haji bersama Rasulullah SAW hanya bagi wanita yang dikisahkan dalam hadits. Pendapat yang lain menyebutkan hal tersebut diperuntukkan bagi semua umat muslim yang melaksanakan umrah di bulan Ramadan.

Seorang ahli fikih bermazhab Hambali, Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, masalah ini adalah masalah pilihan semata. Kendati begitu, umrah di bulan Ramadan ini tidak bisa menggantikan ibadah haji, kewajiban melaksanakan haji tetap ada. (Iz)

Bagikan
error: