Api Mengamuk di Hutan Taman Hutan Raya Tanjabtim

sekitarjambi.com – Tanjabtim_Kebakaran hutan dan lahan terus meluas di sejumlah wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bahkan kini api telah merambat ke areal Taman Hutan Raya (Tahura) di Dusun Penganyut, Kelurahan Simpang, Kecamatan Berbak. Areal Tahura yang terbakar ini merupakan hutan lindung, yang berbatasan langsung dengan Hutan Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNBS). Hal tersebut dikhawatirkan bila pemadaman kebakaran di lokasi Tahura yang luasnya hampir 100 hektar tersebut tidak selesai, maka akan merambah ke dalam hutan TNBS.

Pengamatan di lokasi kebakaran Tahura masih ditemukan kepulan asap. Terlihat juga api kecil masih menjalar di sejumlah tempat. Namun, kerja keras petugas pemadam kebakaran di lokasi Tahura sudah menampakkan hasil yang cukup baik. Petugas pemadam kebakaran terdiri dari brigade pengendalian kebakaran TNBS Manggala Agni, Kepolisian, TNI, masyarakat peduli api dan BPBD Tanjabtim.

Kepala Brigdalkarhut Yudha mengatakan, hingga hari ini penyebab kebakaran belum dapat dipastikan. Namun dugaan sementara api berasal dari garapan lahan oleh warga di areal Tahura tersebut. Hal ini terlihat adanya sisa-sisa pembakaran warga yang menggarap lahan diareal tahura. ”Yang paling banyak Kecamatan Sadu. Kalau Kecamatan Berbak, baru kali ini. Sejauh ini komunikasi kita dengan pihak terkait,” ujarnya kepada sekitarjambi.com, Kamis (22/8/2019).

Selain itu, ditemukan kondisi yang mencurigakan yakni adanya rumah atau pondok yang kosong tidak bertuan di lokasi kebakaran. Pondok ini sengaja ditinggal pergi oleh tuannya karena takut menjadi saksi kebakaran ini. “Untuk pemadaman kita lakukan bersama dengan kerja tim dengan dibantu helicopter water bombing,” pungkasnya. (Eko)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: