Waspada Bahaya OTG Pembawa Virus Corona di Era New Normal

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Memasuki new normal atau tatanan kehidupan baru, membuat masyarakat harus berdampingan dengan Virus Corona yang belum ada obatnya. Meski sudah bisa beraktivitas seperti sebelumnya, namun pentingnya penerapan protokol kesehatan harus diterapkan, untuk terhindar dari penularan Virus Corona.

Ada berbagai hal yang penting menjadi perhatian selama menjalani masa new normal, salah satunya mewaspadai adanya kemungkinan warga terjangkit Virus Corona, yang ternyata orang tanpa gejala atau OTG. OTG menjadi salah satu sumber penular Virus Corona yang sulit dideteksi. Bahkan golongan OTG inilah yang berpotensi paling besar, untuk menularkan Virus Corona kepada orang lain.

Dokter spesialis paru Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi, Ikalius menjelaskan, OTG yaitu orang-orang yang di dalam tubuhnya telah terinfeksi virus yang telah berkembang biak, namun berpotensi dapat menularkan kepada orang sekitar. Namun orang yang berstatus OTG, tidak merasakan dan menunjukkan gejala sakit. “OTG dipastikan memiliki kontak erat dengan kasus positif virus corona.” ujarnya.

Dokter Ikalius menuturkan, pasien positif Virus Corona yang berstatus OTG di provinsi jambi, berkisar di angka 10 persen dari jumlah kasus 101 berdasarkan data per 5 Juni 2020. “Semua pasien berstatus OTG ini didapat, dari saat sang pasien melakukan medical check up ke rumah sakit. Sehingga masih ada kemungkinan adanya pasien OTG yang belum terdeteksi.” jelasnya.

Untuk itu dr. Ikalius mengimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga daya imunitas tubuh, dan menggunakan masker saat bepergian keluar rumah. “Penggunaan masker sebagai salah satu upaya mencegah penularan Virus Corona melalui dopleks.” pungkasnya kepada sekitarjambi.com. (Fa)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: