PPIH Provinsi Jambi Sediakan Layanan Terbaru, Jemaah Calon Haji LANSIA Difasilitasi Mobil Golf

sekitarjambi.com – Fasilitas terbaru bagi Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Jambi pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 merupakan keberadaan mobil golf. Keberadaan mobil golf tersebut dihadirkan di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Jambi oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi, untuk menunjang layanan operasional bagi jemaah, khususnya bagi JCH lanjut usia (LANSIA) dan disabilitas agar lebih optimal.

Dengan adanya mobil golf tersebut, diharap mempermudah mobilitas jemaah LANSIA selama berada dan beraktivitas di Asrama EHA Jambi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (KANWIL KEMENAG) Provinsi Jambi, H. Wahyudi Abdul Wahab, menuturkan bahwa beberapa kebijakan Kementerian Agama RI pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024, salah satunya yakni penanganan jemaah LANSIA sejak berada di asrama haji. Dalam hal ini untuk memobilisasi pada kedatangan di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Jambi, jemaah LANSIA difasilitasi menggunakan mobil golf.

Mobil golf difungsikan sebagai armada mobilisasi dari Aula Arafah menuju Rumah Ramah LANSIA yang berada di gedung Hijr Ismail.

“Kendaraan khusus yang mengantarkan jemaah dari Aula Arafah (Asrama EHA Jambi) ke Hijr Ismail. Maka satu-satunya yang kendaraan itu mobil golf,” ujarnya.

Dikatakan pula oleh Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi Tahun 2024, H. Zeifni Ishaq, bahwa setiba di Asrama Haji Jambi, untuk menuju kamar masing-masing, jemaah LANSIA tidak berjalan kaki, tetapi menggunakan fasilitas kendaraan yang disiapkan oleh PPIH Provinsi Jambi berupa mobil golf.

“3 unit kita sewa untuk khusus LANSIA. Di setiap KLOTER itu kurang lebih 80 (jemaah). Jadi Insya Allah bisa terakomodir lah untuk LANSIA,” ujarnya.

“Untuk rutenya karena LANSIA ini difokuskan di Gedung Hijr Ismail, maka cukup di rutenya hanya di Hijr Ismail saja,” lanjut H. Zeifni Ishaq.

Diketahui, fasilitas layanan menggunakan mobil golf dimobilisasi pada penerimaan jemaah dari kabupaten/kota masing-masing sejak tiba di Asrama Haji Jambi, yakni usai melakukan One Stop Service di Aula Arafah menuju gedung Hijr Ismail yang merupakan penempatan kamar bagi jemaah LANSIA. Selanjutnya pada proses pemberangkatan menuju Tanah Suci, jemaah LANSIA difasilitasi mobil golf dari gedung Hijr Ismail menuju kendaraan transportasi bus yang berada di area Aula Arafah.

“Harapan kita untuk LANSIA, dapat membantu seefektif mungkin, sehingga LANSIA bisa melaksanakan haji dengan sukses dan lancar,” ujar H. Zeifni Ishaq.

Tentu, dengan keberadaan fasilitas terbaru berupa mobil golf menarik perhatian dan antusias bagi para JCH Provinsi Jambi selama berada di Asrama EHA Jambi. Para jemaah LANSIA memanfaatkan mobil golf untuk mengantarkan mereka dari Aula Asrama EHA Jambi menuju gedung Rumah Ramah LANSIA.

“Alhamdulillah kami senang. Ya senang, sebab saya sudah pengapuran, karena saya sudah LANSIA. Dengan mobil golf, saya senang, nggak banyak jalan, ya Alhamdulillah, kaki saya nggak capek, nggak sakit. Senang dengan PPIH Jambi karena pelayanannya bagus.“ ujar Mariyah, JCH LANSIA KLOTER BTH 22 Provinsi Jambi. (Mk/Iz)

Bagikan