Nasa Temukan Planet Mirip Bumi yang Dinilai Layak Huni

sekitarjambi.com – Secara resmi pada 8 Januari 2023, National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengumumkan telah menemukan planet seukuran bumi, dengan wujud besar dan berbatu yang dinilai layak untuk dihuni. Planet ini memiliki ukuran yang 95 persen serupa dengan Bumi.

Planet ini diberi nama TOI 700e, dengan ukuran menyerupai bumi dan mengorbit bintang kerdil merah bernama TOI 700, berjarak sekitar 100 tahun cahaya. TOI 700e tercatat sebagai salah satu dari empat planet yang mengorbit bintang bersama TOI 700 b, c, dan d.

Mengenai TOI 700 memang sudah diketahui berada di zona layak huni. Hal ini berdasarkan sebuah penemuan yang dikuatkan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA, yang memantau sebagian besar langit yang berada pada zona tersebut memiliki orbit selama 27 hari.

“Ini adalah salah satu dari sedikit sistem dengan banyak planet kecil, zona layak huni yang kita ketahui,” ujar penulis studi utama NASA, Emily Gilbert di Pasadena, California, AS dalam sebuah pernyataan, dikutip Sabtu (14/1/2023).

Gilbert juga mengatakan bahwa TESS akan melakukan lebih banyak kampanye pengamatan untuk mengkarakterisasi planet baru tersebut. Karena sejauh ini belum ada hasil selain ukurannya yang mirip Bumi dan waktu orbitnya.

“Belum ada hasil, tetapi hal-hal menarik akan datang,” ujar Gilbert.

Pihak TESS NASA saat ini tengah mengamati sistem dengan Very Large Telescope di Chili, menggunakan instrumen Echelle Spectrograph for Rocky Exoplanets and Stable Spectroscopic Observations (ESPRESSO). Sistem ini dirancang untuk mengkarakterisasi exoplanet yang mirip Bumi.

Pengamatan lanjutan dilakukan terhadap planet TOI 700e karena masih mungkin ditemukan air cair di permukaan planet tersebut. (Iz)

Bagikan
error: