Misi Haji 2023 Dimulai, Indonesia Dapatkan Kuota 221.000 Jemaah

sekitarjambi.com – “Alhamdulillah misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi Arabia. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah,” jelas Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di Jeddah, dikutip Selasa (17/1/2023).

Dengan kuota sebanyak 221.000 tersebut, Yaqut menyebutkan diantaranya terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Dan untuk petugas haji tahun ini sebanyak 4.200 kuota.

Dalam pembicaraan dengan Menteri Haji Saudi Arabia, juga telah disepakati tidak adanya pembatasan usia. Hal ini karena pandemi COVID-19 sudah melandai.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” imbuhnya.

Mengetahui informasi tersebut, tentunya menjadi kabar baik bagi seluruh daerah yang ada di Indonesia, untuk menantikan jumlah porsi atau kuota yang diperoleh. Mengingat keberangkatan jemaah haji ini sangat ditunggu-tunggu karena yang sebelumnya sempat mengalami kendala karena batasan usia dan kuota yang terbatas.

Pihak KANWIL Kementerian Agama Provinsi Jambi juga mengkonfirmasi, bahwa hingga saat ini masih menunggu penetapan kuota haji untuk Provinsi Jambi dari Kementerian Agama untuk pemberangkatan haji tahun 2023.

Dikutip dari rri.co.id, KANWIL KEMENAG Provinsi Jambi melalui Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Wahyudi Abdul Wahab, mengatakan meski Kementerian Agama pusat telah menyampaikan kuota haji tahun 2023 secara nasional, namun untuk kuota setiap provinsi masih belum ditetapkan.

“Masing-masing provinsi masih belum ditetapkan. Jadi secara nasional baru selesai MOU antara Menteri Agama atas nama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi yang kemudian ditetapkan kuota,” ujar Wahyudi Abdul Wahab.

“Setelah itu baru nanti Kementerian Agama akan melihat porsi itu sesuai dengan provinsi masing-masing. Baru nanti akan disampaikan ke KANWIL masing-masing. Termasuk dari KEMENAG dalam hal ini Dirjen PHU akan mengeluarkan daftar nama calon jemaah haji,” lanjutnya.

Sementara itu, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama RI, Hilman Lattief, menginformasikan bahwa saat ini pihaknya sudah mulai membuka seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2023. Seleksi dilakukan bagi petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

“Pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online agar lebih mudah dan transparan. Peserta mendaftar melalui Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji yang dijadwalkan pada tanggal 6-13 Januari 2023 lalu,” terangnya.

Untuk hasil seleksi akan diumumkan pada 18 Januari 2023. Dan Peserta yang lolos seleksi di kabupaten/kota, berhak mengikuti seleksi CAT tingkat provinsi yang akan dilakukan pada 24 Januari 2023. Untuk Hasil seleksi PPIH Kloter tingkat provinsi akan diumumkan melalui website Kementerian Agama RI. (Iz)

Bagikan
error: