Lima Penyakit yang Muncul Ketika Musim Pancaroba

sekitarjambi.com – Musim pancaroba adalah peralihan dari satu musim ke musim yang lain, merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Musim ini juga dikaitkan dengan datangnya berbagai jenis penyakit.

Perubahan cuaca yang terjadi selama musim pancaroba dapat mengakibatkan udara menjadi lebih kering, lebih dingin, dan jauh lebih lembab. Kondisi udara seperti ini menjadi ancaman buat kesehatan.

Ada beberapa penyakit musim pancaroba yang perlu diketahui. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit peralihan musim ini bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit musim pancaroba yang kerap terjadi:

  1. Demam Berdarah

Tingginya curah hujan menimbulkan banyak genangan air yang menjadi tempat ideal bagi nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Aedes Aegypti merupakan nyamuk yang menularkan demam berdarah dengue (DBD) melalui gigitannya.

  1. Batuk dan Flu

Penyakit lain yang sangat umum muncul di musim pancaroba adalah batuk dan flu. Salah satu virus yang perkembangbiakannya semakin bertambah di musim ini adalah virus influenza dan rhinovirus. Selain itu, saat terjadi perubahan cuaca dari dingin ke cuaca yang lebih hangat ataupun sebaliknya, orang-orang menjadi lebih sering keluar rumah, berjalan-jalan, dan berkumpul bersama. Ketika banyak orang berkumpul, penyebaran penyakit menjadi lebih mudah terjadi.

  1. Tipes

Tipes kerap juga disebut dengan demam tifoid. Penyakit ini biasanya menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi melalui fesesnya. Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi. Bakteri inilah yang menjadi penyebab tipes dan memicu gejala-gejala penyakit tipes seperti demam tinggi, sembelit, diare, ataupun nyeri perut.

  1. Diare

Umumnya, diare bisa hilang dengan sendirinya. Namun, pada kondisi akut, diare bisa terjadi selama lebih dari satu atau dua hari. Beberapa kasus bahkan terjadi dalam hitungan minggu. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi Rotavirus.

  1. Serangan Asma

Penyakit selanjutnya yang banyak dikeluhkan muncul di musim pancaroba adalah kambuhnya penyakit asma. Serangan asma terjadi karena saluran udara mengalami peradangan. Ketika suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin. (Iz)

Bagikan
error: