Korpus Humas UNJA Jadi Narasumber PKMD Fakultas Dakwah UIN STS Jambi

sekitarjambi.com – Muaro Jambi, Kepala Koordinator Pusat (Korpus) Humas dan Promosi Universitas Jambi, Mochammad Farisi, S.H., L.L.M. menjadi narasumber pada Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (PKMD) ke V, bertempat di Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Kamis (10/3/2022).

Dekan Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Dr. Zulkarnin, M.Ag. menyampaikan bahwa narasumber untuk pelatihan ini sengaja mengundang dari institusi di luar kampus UIN, dalam hal ini dari Universitas Jambi.

“Untuk narasumber pelatihan memang aturan dari KEMENAG tidak boleh dari lingkungan UIN, harus mengambil dari institusi lain yang dianggap memiliki keahlian dan pengalaman. Kali ini kami mengundang perwakilan dari Universitas Jambi, tujuannya yakni agar mahasiswa lebih banyak mendapatkan motivasi dan lebih terbuka pemikirannya,” ujarnya.

Di hadapan puluhan mahasiswa/i, Farisi menyampaikan materi terkait pentingnya ilmu komunikasi dan publik speaking untuk membentuk pemimpin muda Islam yang berkualitas dan berkarakter.

Farisi menerangkan kepada mahasiswa/i cara menerapkan publik speaking dengan tutur kata bahasa yang baik, dengan berpedoman pada ajaran Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga menjelaskan terkait dua kunci dalam meraih kesuksesan.

“Publik speaking sangat penting untuk membentuk jiwa kepemimpinan seseorang. Mahasiswa wajib mengetahui tiga teknik dasar yang perlu diperhatikan dalam publik speaking, diantaranya seperti verbal, vocal, dan visual. Selain itu juga, mahasiswa perlu mengasah hard skill dan soft skillnya untuk meraih kesuksesan,” jelasnya.

Farisi juga menambahkan, untuk membangun jiwa kepemimpinan dan kesuksesan, selain publik speaking juga sangat diperlukan sebuah networking.

“Publik speaking dan membangun relasi beriringan diterapkan dari sekarang, hal ini dibutuhkan untuk meraih kesuksesan,” tegas Farisi di hadapan para mahasiswa.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan sekaligus Ketua Panitia Pelatihan, Dr. Samin Batubara, M.H.I. mengatakan bahwa pelatihan dengan tema publik speaking tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa kepemimpinan mahasiswa/i.

“Tujuan pelatihan ini yakni untuk menanamkan nilai kepemimpinan kepada mahasiswa, supaya selesai kuliah nanti dapat menjadi tokoh masyarakat yang mudah beradaptasi dan tidak canggung menjadi pemimpin,” ujarnya. (Iz)

www.unja.ac.id

Bagikan
error: