Kantor BKSDA Jambi Dirusak Warga, Diduga Akibat Masuknya Gajah Liar ke Perkebunan

sekitarjambi.com – Warga Kelurahan Lubuk Kambing, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (TANJAB Barat), dilaporkan melakukan perusakan terhadap kantor Frankfurt Zoological Society (FZS) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pada Senin (26/2/2024) dini hari.

Sejumlah fasilitas kantor mengalami kerusakan parah, termasuk pecahnya kaca-kaca jendela.

Kepala Bidang (KABID) Hubungan Masyarakat (HUMAS) Kepolisian Daerah (POLDA) Jambi, Kombes Mulia Prianto mengatakan, pihaknya kini menyelidiki kasus tersebut.

“Benar ada insiden tersebut. Saat ini sudah ditangani Kepolisian Sektor (POLSEK) Merlung,” ujarnya pada Kamis (29/2/2024).

Ia mengatakan, tidak ada korban akibat serangan tersebut, namun sejumlah fasilitas di dua kantor tersebut rusak.

Menurut Mulia, aksi perusakan ini diduga dipicu oleh kehadiran gajah liar yang masuk ke wilayah perkebunan warga. Warga merasa kesal karena laporan terkait masalah tersebut tidak ditanggapi.

“Diduga berawal dari maraknya gajah liar yang masuk perkampungan (perkebunan) warga. Polisi juga mediasi warga dengan BKSDA dan FZS agar masalah ini segera tuntas,” ungkapnya.

Kepala BKSDA Jambi, Donal Hutasoit, menyebut pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan penggiringan gajah tersebut agar keluar dari kebun.

“BKSDA Jambi pada 20-26 Februari 2024 menugaskan tim yang terdiri dari petugas BKSDA Jambi 2 orang bersama FZS 4 orang untuk melakukan pemantauan dan penggiringan 3 ekor Gajah Sumatera yang dilaporkan merusak tanaman sawit masyarakat,” ujar Donal, Rabu (28/2/2024). (AD)

Bagikan