CJH Asal Provinsi Jambi Kloter Pertama Tiba di Asrama Haji

sekitarjambi.com – Kota Jambi_Sebanyak 444 calon jemaah haji (CJH) kloter pertama provinsi Jambi mulai memasuki asrama haji pada Rabu 24 Juli 2019. Ratusan CJH yang tergabung dalam kloter 21 BTH ini, merupakan CJH asal Kota Jambi.

Para calon jemaah haji terlebih dahulu menjalani prosesi serah terima dari pemerintah kota Jambi, kepada panitia pelaksana ibadah haji atau PPIH. CJH diserahkan langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kota Jambi Rusli kepada Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Muhamad, sekira pukul 08:00 WIB.

“Selama satu malam di asrama haji, para CJH akan mendapatkan pelayanan one stop service. Itu meliputi cek kesehatan, kemudian pemakaian gelang, pembagian passport, serta pembagian living cost. Ada juga pembagian oleh-oleh berupa abon patin dari Pemprov Jambi” ujar Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhamad.

Muhamad mengatakan, cek kesehatan di asrama haji ini adalah cek kesehatan terakhir, menentukan CJH layak terbang atau tidak. Seandainya ada kondisi kesehatan CJH yang tidak memungkinkan terbang, maka keberangkatan yang bersangkutan, terpaksa harus dibatalkan.

Selanjutnya, jika ada yang batal berangkat, sudah tidak bisa digantikan lagi. Sebab, ini berkaitan dengan waktu persiapan. Namun jika ahli waris CJH yang batal berangkat karena meninggal dunia memilih untuk tidak menggantikan keberangkatan, maka uang yang sudah disetor untuk biaya perjalanan haji, akan dikembalikan.

Untuk keseluruhan, CJH Kota Jambi tahun 2019 berjumlah 633 orang. Namun 4 orang diantaranya meninggal dunia, sebelum keberangkatan ke tanah suci. Meski demikian, 4 CJH tersebut digantikan oleh ahli waris.

Diketahui, CJH akan masuk asrama haji selama secara bergiliran selama delapan hari. Setiap harinya, ada satu kloter yang masuk asrama dan mendapatkan pelayanan yang sama. CJH akan beristirahat sejenak di asrama haji, untuk kemudian diterbangkan ke Bandara Hang Nadim Batam pukul 04.15 WIB pada hari berikutnya. Kemudian CJH akan melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi pada pukul 10.10 WIB. (Riya)

Bagikan

One thought on “CJH Asal Provinsi Jambi Kloter Pertama Tiba di Asrama Haji

Komentar ditutup.

error: