Cara Mengolah Daging Kurban agar Tetap Awet dan Lezat

sekitarjambi.com – Perayaan Iduladha identik dengan ibadah kurban yang menghasilkan banyak daging, baik daging Sapi maupun daging Kambing. Hari Raya Iduladha di Indonesia akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Mengolah daging kurban menjadi makanan yang awet adalah cara bijak untuk memanfaatkannya dengan baik dan mengurangi pemborosan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengolah daging kurban Sapi agar lebih awet dan tetap lezat:

  1. Dendeng

Dendeng adalah salah satu cara populer untuk mengawetkan daging. Daging dipotong tipis, diberi bumbu, dan dijemur di bawah sinar matahari atau dipanggang hingga kering. Dendeng bisa disimpan dalam waktu yang lama dan mudah diolah kembali menjadi berbagai hidangan.

  1. Abon

Abon daging merupakan olahan yang tahan lama dan praktis. Daging dimasak dengan rempah-rempah, kemudian disuwir-suwir dan digoreng hingga kering. Abon bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan digunakan sebagai lauk nasi, isian roti, atau taburan pada bubur.

  1. Rendang

Rendang adalah masakan khas Indonesia yang terkenal dengan keawetannya. Daging dimasak dengan santan dan rempah-rempah hingga kering dan berminyak. Proses memasak yang lama membuat rendang bisa bertahan hingga berbulan-bulan jika disimpan dengan benar dalam suhu ruangan atau di dalam kulkas.

  1. Daging Asap

Mengasapi daging adalah metode tradisional yang bisa membuat daging tahan lama. Daging diasapi dengan kayu tertentu yang memberikan aroma dan rasa khas. Daging asap bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama dan cocok diolah menjadi berbagai hidangan.

  1. Sosis dan Nugget

Membuat sosis atau nugget dari daging kurban juga merupakan cara yang baik untuk mengawetkan daging. Daging digiling dan dicampur dengan bumbu serta bahan pengikat, kemudian dibentuk dan dimasak. Sosis dan nugget bisa disimpan dalam freezer dan diolah kapan saja.

  1. Kornet

Kornet adalah daging sapi yang diawetkan dengan garam dan dimasak dengan metode khusus. Kornet daging sapi bisa disimpan dalam kaleng atau wadah tertutup dan bertahan lama. Kornet bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai masakan praktis.

  1. Bakso

Bakso adalah olahan daging yang digemari banyak orang. Daging digiling halus, dicampur dengan tepung dan bumbu, lalu dibentuk bulat dan direbus. Bakso bisa disimpan dalam freezer dan diolah menjadi berbagai hidangan seperti bakso kuah, bakso goreng, atau campuran mie.

Mengolah daging kurban menjadi berbagai makanan awet tidak hanya membuatnya lebih tahan lama, tetapi juga memberikan variasi hidangan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!. (Iz)

Bagikan