Imbas Covid-19, 2.909 CJH Jambi Batal Berangkat

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Kementerian Agama RI telah mengumumkan penyelenggaraan haji tahun 2020, batal diselenggarakan. Keputusan pembatalan ini merupakan salah satu imbas dari kian masifnya penyebaran Virus Corona di tanah air maupun Arab Saudi, yang hingga kini belum mereda. Akibat kebijakan ini, tercatat 2.909 Calon Jemaah Haji tahun 2020 asal Provinsi Jambi, gagal berangkat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Muhamad mengatakan, pembatalan kebijakan ini diambil karena Pemerintah harus mengutamakan keselamatan jemaah, di tengah pandemi Virus Corona yang belum usai. “Ya, kita sempat berharap agar bisa berangkat untuk CJH tahun ini, tapi kita sadar dan keputusan ini sudah melalui kajian mendalam sebelum di keluarkan.” ujarnya kepada sekitarjambi.com.

Pandemi Virus Corona yang melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi, dapat mengancam keselamatan jemaah. Dimana agama sendiri mengajarkan, menjaga jiwa adalah kewajiban yang harus diutamakan. Ini semua menjadi dasar pertimbangan dalam menetapkan kebijakan.

Muhamad menuturkan, kuota keberangkatan tahun 1441 hijriah atau tahun 2020 masehi ini akan digantikan di tahun depan. “Kuota tahun ini akan di ganti tahun depan,” pungkasnya. (Fa)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: