Teng, Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus 2019

sekitarjambi.com – Kota Jambi_Dalam rangka menentukan hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Tim Hisab Rukyat, melakukan pengamatan hilal awal Zulhijah. Pengamatan untuk menentukan awal Zulhijah 1440 Hijriah dilakukan, di puncak Hotel Odua Weston, Kota Jambi sekira pukul 17.00 WIB, Kamis (1/8/2019).

Wakil Ketua Tim Hisab Rukyat Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, Rahmadi mengatakan, melihat data hisab sistem Ephimeris sebelum dilakukan Rukyatul Hilal, dua persyaratan utama telah dipenuhi.

“Dua persyaratan itu adalah pertama jarak Ijtima’ sudah lebih dari 8 jam yaitu 8 jam 5 menit 27,31 detik. Kedua, tinggi Hilal sudah lebih dari 2 derajat, yaitu 3 derajat 45 menit 7,44 detik di atas ufuk,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Muhamad menuturkan, meskipun Hilal tidak terlihat di Provinsi Jambi, namun ia berkeyakian 1 Zulhijah ini masih bisa dilakukan secara bersama pada Jum’at, 2 Agustus besok.

“Biasanya kalau sudah dimulai dari 1 Ramadhan hingga 1 Syawal, biasanya akan selalu selama bersama. Sehingga dapat diprediksi atau berpeluang besar sebelum dilakukan Rukyatul Hilal pada hari Kamis 1 Agustus 2019, maka tanggal 1 Zulhijah 1440 Hijriah jatuh pada hari Jum’at yang bertepatan dengan tanggal 2 Agustus 2019,” jelasnya.

Sebagaimana yang dilansir CNN Indonesia, pada sore tadi juga telah berlangsung sidang isbat secara tertutup yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

“Kami putuskan 1 Zulhijah hari Jumat tanggal 2 Agustus 2019, dengan begitu bahwa 10 Zulhijah atau hari raya Idul Adha jatuh pada ahad tanggal 11 Agustus 2019. Itulah hasil sidang isbat malam ini dalam rangka penetapan satu Zulhijah,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin.(Fa)

Bagikan

33 thoughts on “Teng, Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: