Fakultas Peternakan UNJA Hadirkan Inovasi Teknologi Fermentasi Limbah Tanaman Pisang Untuk Pakan Ayam Kampung di Merangin

sekitarjambi.com – Merangin, Pendampingan kepada masyarakat dilakukan oleh Fakultas Peternakan Universitas Jambi, dalam pembuatan pakan fermentasi. Pendampingan ini dilakukan di Desa Sidolego, yang terletak di Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin.

Sidolego merupakan desa binaan Fakultas Peternakan Universitas Jambi, sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani pada 5 Januari 2021, antara Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jambi dan Kepala Desa Sidolego. Selain itu, Desa Sidolego turut ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Merangin dan didukung sepenuhnya oleh Komisi III DPRD Provinsi Jambi, sebagai Desa Sentra Ayam pada 3 Juli 2021.

Pendampingan dilakukan oleh Fakultas Peternakan UNJA guna menyukseskan Sidolego sebagai Desa Sentra Ayam. Dimana hal utama yang dilakukan adalah ayam harus dipelihara dengan menerapkan manajemen pembudidayaan yang baik yang mencakup bibit, kandang, pakan yang diberikan, serta pencegahan penyakit.

Di Desa Sidolego telah dibangun kandang sentra ayam yang menjadi tanggung jawab bersama seluruh warga. Selain itu, pada rumah tangga warga juga dibuat kandang-kandang ayam yang menjadi tanggung jawab kepala rumah tangga. Untuk pakan, atas inisiatif kepala desa maka disusun pakan dengan memanfaatkan limbah tanaman pisang yang banyak terdapat di desa tersebut. Limbah tanaman pisang tersebut difermentasi menggunakan EM4 dan dicampurkan dengan dedak, nasi sisa rumah tangga, dan kepala ikan teri.

Upaya tersebut dilakukan, dengan harapan pakan fermentasi dapat menggantikan pakan komersil yang harganya sangat fluktuatif dan terbilang mahal. Meski demikian, berdasarkan bahan yang digunakan, maka dapat dipastikan pakan yang dihasilkan tidak akan dapat menggantikan ransum komersil.

“Kami berharap pakan yang dihadirkan ini bisa menggantikan pakan komersil yang harganya tidak menentu,” ungkap Ruslan Miskun, Kepala Desa Sidolego.

Aktivitas yang dilakukan pada pendampingan ini sesuai dengan roadmap perkembangan Desa Sidolego, yaitu pendampingan pemeliharaan ayam kampung terutama dalam inovasi pakan guna menekan biaya produksi, pencegahan penyakit, pengolahan produk, dan pemasaran. Atas kegiatan pendampingan ini, Fakultas Peternakan UNJA memberikan mesin penggiling pakan dan mesin pencabut bulu untuk pengolahan produk ayam kampung. (Tim)

Bagikan
error: